Itu Baru Kucing, Apalagi Manusia

Friday, February 15, 20132comments


Beberapa hari yang lalu, saat itu lagi "bokek" :)

Sore hari, Kucing yang numpang "nai" (melahirkan) di rumah beberapa hari sebelumnya tampaknya anaknya sudah beranjak besar, saya lihat dan saya dengar suara rintihan "ngaong - ngaong" tampaknya kelaparan......

Melihat ini, saya ambilkan ikan pindang.... saya campur dengan nasi..... saya berikan, dan dengan senang hati ibu kucing dan anaknya makan bersama.... kelihatan lahap.

Malamnya datang seorang teman (A) membawa barang dagangan, yang harapannya dapat di beli oleh teman yang lain, Teman (B).

Ketika teman (B) datang, ternyata tidak tertarik dengan barang yang ditawarkan. 

Teman (B) pun harus meninggalkan pertemuan, karena anaknya minta dikirim uang (maklum sekolah yang diasramakan), dan berjanji akan kembali jika saya dan teman (A) masih belum keluar, karena teman (B) ini tahu persis jadwal saya kalau malam..... :)

Dan, setelah ngobrol sana sini, teringat akan keris "sodo lanang" yang belum ada rangkanya, tiap kali mau di dibawa untuk dicocokan dengan rangka milik seseorang, selalu saja lupa.... dan rupanya pemilik rangka juga tertarik dengan keris "sodo lanang" yang saya peroleh dari "Mbah Mrutuk"

Akhirnya saya keluarkan keris "sodo lanang".

Tepat saat saya berikan keris "sodo lanang" ke teman (A), teman (B) datang lagi..... tanya "apa itu pak"

Sejurus kemudian dibuka bungkusan keris yang masih belum ada rangkanya..... "Kalau ini maharnya berapa pak?"

Setelah guyonan sebentar dan dengan berbagai pertimbangan, yang jelas kalau sudah masuk Indo Keris Gallery sudah lain lagi ceritanya apalagi sudah ada rangkanya :)

Akhirnya disepakati.... "biarkan sini dulu pak, besok saya ambil", dan betul besoknya diambil meski untuk sementara  mahar yang diberikan tidak sebesar yang disepakati.... uangnya katut kulaan pak, demikian teman (B) memberikan alasan kenapa kurang, dan saking senengnya dengan keris "sodo lanan", besok sorenya  setelah pulang kerja, dibawa untuk segera dibuatkan rangka, nanti kalau selesai saya bawa kesini pak (untuk ditunjukkan maksudnya)

Malam harinya, buat status di Facebook Akun Indo Keris.......... Mohon maaf, tidak jadi mengungah Keris "Sodo Lanang Tangguh Tuban", baru saja tadi sore "ditembung" teman meski tanpa rangka......

Dan tengah malam, tepatnya dini hari.... di sepakati mahar Keris omyang jimbe, dan buat status............ Baru saja memberi label "TERMAHAR", pada posting Keris Omyang Jimbe Luk 11

Besok malamnya, sebagian dari mahar yang saya terima, saya buat syukuran (bancaan) dengan teman teman, ala kadarnya .... yang penting mesti ada yang "dikeluarkan" dan tepat sasaran..... 

Sambil guyonan, saya ceritakan kalau semua ini berawal dari langkah "memberi makan kucing yang kelaparan", dengan santai seorang teman berkomentar "Itu Baru Kucing, Apalagi Manusia" :)

Semoga tulisan ringan dapat menjadi bahan renungan, dan semoga bermanfaat......
Share this article :

+ comments + 2 comments

June 17, 2014 at 9:49 PM

Assalamualaikum,pak Agung..
Saya sebenernya tertarik sama sejarah nusantara. Saat baca baca sejarah,muncul nama nama seperti "tumbak kyai plered, keris setan kober, keris mpu gandring,dlsb".
Pada saat saya tanya kyai gugel, koq blog njenengan muncul,. pas saya masuk, lah koq isinya sip tenan (kalo kata orang malang : siob lop).,
Maturnuwun buat kerja kerasnya mbagi elmu ke saya dan semua yg lagi ngangsu kawruh,.
insyaAllah manfaat dan berkah,.
(Iwak pindang gae kucing ae berkah,opo maneh elmu gae menungso..)

Anonymous
January 31, 2017 at 1:43 PM

Keris semar mesem :)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger