Keris Kebo/Mahesa Lajer Kinatah Prodo

Wednesday, August 28, 20132comments

Keris Kebo Lajer  atau juga dikenal dengan sebutan Keris Mahesa Lajer begitu populer di Jawa. Masyarakat Jawa yang pada umumnya bekerja di bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Jika berbicara tentang tuah dapur keris, referensi yang ada menyebutkan bahwa keris kebo lajer  antara lain bertuah dapat menyuburkan tanaman sehingga panen berhasil , menolak hama tanaman, menolak wabah penyakit ternak , ternak dapat cepat berkembang biak dengan baik , selain itu konon dapat mencegah wabah penyakit.

Karena kepercayaan iulah keris ini banyak dimiliki oleh para pangreh praja atau lurah, Wedana, Bupati karena tuah yg dimiliki juga dapat melindungi daerah kekuasaannya dari serangan hama tanaman dan wabah penyakit ternak.

Kalau saya menyampaikan tuah keris, semata mata untuk menambah referensi, saya tidak mengatakan keris yang ada dalam gambar dan saya linkkan dengan Blog Indo  Keris Gallery ini termasuk  keris bertuah, karena saya  bukan ahlinya dalam hal ini.

Referensi mengenai tuah keris  saya ambil dari berbagai sumber yang ada, dan nampaknya menjadi pemahaman umum di dunia keris dan perkerisan.

Satu hal yang unik dari keris yang saya tampilkan ini, yang termasuk keris kamardikan (lawasan), konon telah dibuat pada era tahun 1960-1970 an, saat saya coba untuk membuat berdiri keris ini ternyata bisa, dapat dilihat pada gambar. Mengenai Rahasia Keris Berdiri, silahkan klik disini

Tidak semua keris dapat berdiri, termasuk keris sepuh, meskipun mayoritas keris sepuh  banyak yang dapat di buat berdiri, meskipun hanya dari aspek keseimbangan, bukan faktor yang lain.

Seperti saya sampaikan pada judul Keris Kebo/Mahesa Lajer Kinatah Prodo, maka dapat dilihat pada bagian sor soran, tampak gambar kebo/mahesa.

Mungkin yang mengukir atau yang mempunyai ide membuat ukiran/kinatah gambar kebo ingin menjelaskan secara gamblang bahwa ini adalah keris kebo lajer, dari pada sulit menggambarkan dapur Keris Kebo/Mahesa Lajer yaaaa...di ukir saja gambar kebo dan jadilah Keris Kebo/Mahesa Lajer Kinatah Prodo :)

Bisa jadi, Kinatah pada Keris Kebo/Mahesa Lajer Kinatah Prodo    adalah susulan..... entahlah


Share this article :

+ comments + 2 comments

August 3, 2016 at 12:00 AM


Tunjukkan kemahiran bemain poker anda, bersama dengan jutaan member lainnya di WWW.SALAMPOKER.COM 1 ID bisa bermain 4 Game ( Texas Poker, Domino, Ceme dan Capsa susun)


Dengan Deposit/Withdraw Minimal Rp 10.000
Proses Deposit / Withdraw mudah dan cepat hanya 1/2 menit.
Support 4 Bank Lokal Indonesia : BCA, BNI, BRI, Mandiri,
Dapatkan Bonus dari kami yaitu :
-Bonus TurnOver 0,5% Perminggu
-Bonus Referal 15% Seumur Hidup
-Bonus JackPot Ratusan Juta Setiap Harinya

Untuk Pendaftaran, Proses Transaksi, dan Info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di Layanan 24 Jam kami yaitu :
- LiveChat yang ada di Web kami
- Yahoo Messenger : CS_SALAMPOKER
- BlackBerry Messenger : 5C270719
- WeChat : SALAMPOKER
- Line : SALAMPOKER

October 6, 2018 at 9:35 AM

nonton sabung ayam peru hanya di www.bolavita.pw

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger