7 Keris Pusaka Legendaris

Sunday, January 6, 201331comments

 1. Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok.

Keris ini dibuat oleh Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok. Ken Arok memesan keris ini kepada Mpu Gandring dengan waktu satu malam saja, yang merupakan pekerjaan hampir mustahil dilakukan oleh para "mpu" pada masa itu. Namun Mpu Gandring menyanggupinya dengan kekuatan gaib yang dimilikinya. Bahkan kekuatan tadi "ditransfer" kedalam keris buatannya itu untuk menambah kemampuan dan kesaktian keris tersebut.

Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. Setelah  keris selesai, Mpu Gandring menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris . Namun belum lagi sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan harus diambil. 
Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dan terakhir Keris tersebut ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji (karena sarung keris itu belum selesai dibuat). 
Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yaitu Tunggul Ametung, Ken Arok, Anusapati dan keturunan Ken Arok. 

2.  Keris Pusaka Setan Kober

Keris  Pusaka Setan Kober dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi , putra seorang empu di Tuban , Jawa Timur. Supo Mandrangi kemudian memeluk agama Islam dengan menjadi murid Sunan Ampel, dengan tetap membawa kemampuannya membuat keris. Banyak keris pusaka dibuat oleh Mpu Supo, diantaranya adalah Keris Pusaka Setan Kober, selain karya monumentalnya, Kanjeng Kyai Sengkelat dan Kanjeng Kyai Nogososro . Keris Pusaka Setan Kober , aslinya bernama 'Bronggot Setan Kober' , dibuat pada awal kerajaan Islam Demak Bintoro. Dan Keris tersebut kemudian dimiliki oleh Djafar Shodiq atau Sunan Kudus yang kemudian diberikan pada murid kesayangannya Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan

Keris ini dikenakan Arya Penangsang  pada waktu ia perang tanding melawan Sutawijaya. Tapi tak diketahui sesungguhnya dapur / bentuknya seperti apa.

Suatu saat tombak Kyai Pleret yang dipakai Sutawijaya mengenai lambung Arya Penangsang, hingga ususnya terburai.

Arya Penangsang dengan sigap, menyangkutkan buraian ususnya itu pada wrangka atau sarung-hulu keris yang terselip di pinggangnya, dan terus bertempur. Saat berikutnya , Sutawijaya terdesak hebat dan kesempatan itu digunakan oleh Arya Penangsang untuk segera penuntaskan perang tanding tersebut, dengan mencabut keris dari dalam wrangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar bahwa wilah(an) atau mata keris Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika.

Ki Juru Mertani ( penasehat Sutawijaya ) terkesan menyaksikan betapa gagahnya Arya Penangsang dengan usus terburai yang menyangkut pada hulu kerisnya. Ia lalu memerintahkan agar anak laki-lakinya, kalau kelak menikah meniru Arya Penangsang, dan menggantikan buraian usus dengan rangkaian atau ronce bunga melati, dengan begitu maka pengantin pria akan tampak lebih gagah, dan tradisi tersebut tetap digunakan hingga saat ini. 

3. Keris Kyai Sengkelat

Tidak banyak cerita yang bisa dirunut atau dipercaya mengenai keris kyai Sengkelat ini. Yang banyak justru cerita mitosnya. Namun yang terkenal bukan kerisnya melainkan justru Empu pembuatnya yaitu Empu Supa.

Cerita keris kyai sengkelat berkisar di abad 15 pada jaman Majapahit diperintah Prabu Kertabumi atau Brawijaya-V. 

Konon kyai sengkelat pernah dicuri oleh adipati Blambangan, namun berhasil dikembalikan lagi oleh Empu Supa tanpa melalui pertumpahan darah. 

4. Keris Kyai Carubuk

Sama dengan keris sengkelat, tidak banyak rujukan tertulis yang bisa dicari, melainkan banyak sekali cerita mitosnya.

Sepanjang rujukan ini bisa dipercaya, keris carubuk seangkatan keris kyai sengkelat.  

5. Keris Naga Sasra Sabuk Inten

Keris  Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten adalah dua benda pusaka peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra adalah nama salah satu dapur (bentuk) keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya.

Nama keris Nagasasra (tanpa menyebutkan dapur) menjadi terkenal karena menjadi topik dalam cerita silat karya S.H. Mintarja, diceritakan bahwa Mahesa Jenar, salah satu muridnya Syeh Siti Jennar, mantan perwira tinggi kerajaan Demak pada masa kerajaan Demak Bintoro mencari kedua benda pusaka tersebut yang konon bagi siapa yang mendapatkannya akan menjadi pewaris sah tahta kerajaan Demak. 

6. Keris Kanjeng Kyai Condong Campur

Keris Condong Campur adalah salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur.

Keris ini merupakan salah satu dapur keris lurus. Panjang bilahnya sedang dengan kembang kacang, satu lambe gajah, satu sogokan di depan dan ukuran panjangnya sampai ujung bilah, sogokan belakang tidak ada. Selain itu, keris ini juga menggunakan gusen dan lis-lis-an.

Konon keris pusaka ini dibuat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya diambil dari berbagai tempat. Dan akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat.

Dalam dunia keris muncul mitos dan legenda yang mengatakan adanya pertengkaran antara beberapa keris. Keris Sabuk Inten yang merasa terancam dengan adanya keris Condong Campur akhirnya memerangi Condong Campur. Dalam pertikaian tersebut, Sabuk Inten kalah.

Sedangkan keris Sengkelat yang juga merasa sangat tertekan oleh kondisi ini akhirnya memerangi Condong Campur hingga akhirnya Condong Campur kalah dan melesat ke angkasa menjadi Lintang Kemukus(komet atau bintang berekor), dan mengancam akan kembali ke bumi setiap 500 tahun untuk membuat huru hara, yang dalam bahasa Jawa disebut ontran-ontran. 

Baca Juga :

Referensi : 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Keris
Share this article :

+ comments + 31 comments

June 5, 2013 at 12:01 PM

Assalam


saya hanya ingin bertanya, tapi ini mengenai keris? apa mungkin cech tau?
langsung pada inti nya, saya menemukan keris berukuran kurang lebih 20cm di teras depan rumah. keris itu di bungkus dengan kain putih yang amat kucal dengan 2 buah penitih mengait pada kain itu, dan di dalam nya pun ada kertas yang tertuliskan nama “Eyang Raksa Gati” dan “Eyang Rangga Wullung”.
saya hanya inging tau tentang eyang – eyang tersebut cech?
mungkin cech bisa bantu?

wassalam

June 7, 2013 at 12:05 AM

Wa'alaikum salam..

Saat menjawab pertanyaan ini, entah kenapa tiba-tiba komputer loading lambat..... :)

Sebelum menjawab pertanyaan, saya coba untuk search siapa itu “Eyang Raksa Gati” dan “Eyang Rangga Wullung” dan yang muncul justru blog http://indokeris.blogspot.com/2013/01/7-keris-pusaka-legendaris.html

Artinya informasi tentang nama tersebut belum banyak dipublikasikan di internet...

Saat saya browsing tentang "faris azka", saya ketemukan :
http://strubuk.blogspot.com/
http://www.blogger.com/profile/04430332088989328781
http://kangfarisazka.blogspot.com/
http://azlikarawang.blogspot.com/
Dan https://www.facebook.com/faris.azka

Menurut hemat saya, Orang orang zaman dahulu, yang mengerti tidak akan memperkenalkan dirinya seperti kita atau memperkenalkan dirinya dengan menuliskan nama. Orang yang "mengerti" mempunyai bahasanya sendiri untuk "dimengerti".

Seperti kalau anda belajar bahasa "smapur" pada kegiatan pramuka. Atau bahasa sandi pada orang orang intelejen.

Tentang keris itu, nyatanya di depan anda.... ya disimpan aja. Nanti akan diketahui sendiri, mengapa ada 2 keris di depan rumah anda.

Bagaimana menjelaskan, wong saya sendiri nggak jelas.... he he he

Ada satu kalimat yang perlu direnungkan " Yang nggak jelas itu jelas, apa lagi yang jelas"

Lha kita ini yang jelas saja nggak jelas, apa lagi yang nggak jelas.... he he he.

Semoga bermanfaat...

Wasalam.....

June 8, 2013 at 3:21 AM

wah, berarti sama? saat saya dan teman saya berfoto dengan benda itu tiba tiba hp tersebut mati dan ketika di nyalakan kembali si hasil gambar tersebut langsung menghilang sendirinya?

benda ini hanya satu? hanya saja ada 2 buah penitih mengait pada kain tersebut?

insya allah bermanfaat deh :D

July 29, 2013 at 7:47 PM

mas pgen nanya,,tu caranya supaya keris berdri sndri gmna???

July 30, 2013 at 12:22 AM

@ Oka Wijaya, Silahkan baca artikel Rahasia Keris Berdiri
http://indokeris.blogspot.com/2013/01/rahasia-keris-berdiri.html

August 2, 2013 at 5:50 AM

Mohon maaf...
Ada yang pernah dengar keris kyai gajah layang...
Kalau ada mohon penjelasan tentang keris tersebut...

August 2, 2013 at 10:47 AM

@ angga8080, silahkan buka link berikut :
http://putrajokotole.blogspot.com/p/keris-kanjeng-kyai-gajah-mungkur.html

June 27, 2014 at 1:28 AM

cek juga koleksi keris sepuh kami di www.kerajaanpusaka.com

August 9, 2014 at 8:02 AM

Infon Nya Oke Banget.= solusi pasutri

August 15, 2014 at 9:59 PM

Di bali ada keris warisan majapahit yang dipegang raja bali yaitu ki begawan canggu.. keris inilah yang memperkuat bali dari blambangan hingga sumbawa

December 20, 2014 at 1:07 PM

Ir.Amadsuryono 35 tahun dari Sidoarjo surabaya,Saya mau mengucapkan terima kasih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada ki Jagad saya seorang kontraktor yang terbelit masalah hutang piutang ratusan juta, parahnya lagi, sisa uang juga sudah ludes kalah bermain saham,sudah lama saya mengetahui blog ini,juga sudah lama mendengar nama besar beliau, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4825, saya benar-benar sulit percaya, angka yg diberi Aki tunggal 4825 ,ternyata betul-betul tembus,awalnya saya coba-c0ba menelpon Aki,saya bilang saya sedang terbelit masalah hutang hampir 200 juta, jika dalam minggu ini tidak dilunasi,maka saya akan dilaporkan kepihak berwajib,Aki bilang,kalo saya mau, si Aki ada angka anunaki hasil ritual ghoib 4d tunggal,tapi syaratnya harus ditebus dengan mahar 20 juta, karena cuma ini jalan satu-satunya untuk mendapatkan uang secara cepat, maka setengah kurang yakin saya usaha cari pinjaman hutang kesana kemari, dapat pinjaman 21 juta, langsung saya transper kerekening Aki, besoknya saya di beri angka tunggal 4825, mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar,setengah putus asa saya pasangin kali 200 lembar di 2 tempat bandar berbeda,dengan perasaan cemas dan hati dag dig dug saya menunggu pengeluaran sore harinya, badan saya lemas & hampir pingsan,…ternyata meledak….!!! seumur hidup baru kali ini saya mendapat BLT 500 jt, uang ini bisa buat melunasi hutang, sisanya bisa buat buka usaha baru, sekali lagi terima kasih banyak Aki, seumur hidup saya tidak akan melupakan kebaikan Aki. Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa,hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman senasib. salam kompak selalu..!!
bagi sahabat para pecinta togel jika anda ingin mersakan kemenagan togel yang sesunggunya silahkan hub ki jagad sakti di no 0812-4286-9624 atau silahkan kunjugi web.http://dukunsaktiterpecyadindonesia.blogspot.com semogah informasi ini bener bisa membuat anda bisa mendapatkan solusi seperti apa yang kami dapatkan sekaligus sebagai ucapan terimakasih saya buat pahlawan keluarga kami ki jagad sakti ...terimakasih roomnya sobat salam sukse jp slalu,,

January 8, 2015 at 6:25 AM

Mana perginya keris lagenda hang tuah iaitu keris taming sari??kesaktian nye memang tiada tolok banding nya..

February 17, 2015 at 8:47 PM

keren keris legendaris

February 17, 2015 at 8:48 PM

Kesaktian keris masih banyak disukai di jaman modern, komentar balik dong ke blog saya www.goocap.com

Anonymous
November 24, 2015 at 4:24 AM

Ass.alaikum.wr.wb Saya kepengen mengucapkan trima kasih kepada KI JAROK
bahwa saya menang Togel, saya benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D {."6053".}
yang AKI berikan saya menang togel (_150_) juta.
Alhamdulillah saya dpat melunasi semua hutang saya yang tersebar dimana mana dan bisa buka usah ,
semua ini bkembali di bidang perbengkelan berkat bantuan angka ghoib dari KI JAROK
karena cuma AKI yang bisa memberikan angka goibnya yang di jamin 100% tembus.
awalya saya bergabung dan saya harus mennbayar biaya ritualnya tuk mendapatkan angka 4d
dan ternyatah benar-benar tembus dan saya ngak akan ragu-ragu lagi untuk memasang angkanya
dan itu juga saya tidak rugi bayar maharnya karena akhirnya saya bisa menang angka pemberian beliau
jadi buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus hubungi KI JAROK diNomr :)_0_8_2_1_9_2_1_5_0_5_6_7_:)
atau klik http://kijarok.blogspot.com insya allah beliu akan menbatu kesusahan anda
dan anda tidak akan kecewah apalagi kalau anda terlilit hutang buktikan sendiri.
ANDA Termasuk Dalam Kategori Dibawah Ini :
1.Dikejar-kejar hutang
2.Selaluh kalah dalam bermain togel
3.Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4.Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5.Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya tapi tidak ada satupun yang berhasil.
Solusi yang tepat ADALAH BANTUANG ANGKA..KI JAROK..
BELIAU akan membantu anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
Butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM /
dijamin 100% jebol Apabila ada waktu silahkan Hub: KI JAROK DI :) 0_8_2_1_9_2_1_5_0_5_6_7 :)
Angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
Angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
Angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
Angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
Angka GHOIB; laos 4D/6D/8D/
Angka GHOIB; thailan 2D/3D/
Angka GHOIB; macau 2D/3D/4D/
Angka GHOIB; sidney 2D/3D/4D

January 6, 2016 at 1:19 PM

Bullshit...

February 20, 2016 at 1:48 AM

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

June 27, 2016 at 10:59 AM

sipp

July 11, 2016 at 7:53 PM

Knpa ngga ki itu aja yg main togel biar cepat kaya. Dasat musrik

July 11, 2016 at 7:54 PM

Musrik

August 6, 2016 at 8:05 AM

Trimaksih untuk nyai kanjen dewi sinta purbasari karna berkat nyai sy bisa menbayar utang sy yang bgitu bnyak dengan bantuan lewat pesugihanyaa oleh karna it bagi saudara saudaraku dijawa maupun di luar jawa yg ingin mendapatkn kemudahan jalan dngn mencari modal usaha mnbayar utang yg menunpuk silahkn anda meminta bantuan lansung dri nyai dewi sinta purbasari silahkan hub lansun no nyai dewi sinta purbasari tampa perantara silahkan hub lansung di no nyikanjen no tlvng 082247121116. Dengan segenap keluaraga besar muhammad yasin - bandung jawa barat mengucapkan banyak trimaksih kepada nyikanjen purbasari wassalama .

September 15, 2016 at 5:52 PM

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

September 25, 2016 at 10:23 AM

invite pin saya... 21DE24F saya mau tanya2 tentang besi pusaka

October 30, 2016 at 6:46 PM

Sama papa saya ada keris nogo sosro yg asli! Katax pemberian dari eyang yg pensiunan tentara zaman jendral sudirman yg katax di kasih sama eyangx juga! Klo untuk isix (goibx) mama sering liat keluar dari keris itu! Info juga, gak sembarangan orang yg bisa buka keris itu dari sarungx!! Klo aq si percaya gak percaya gitu! Hehehe!! Gak perna lihat yg goib shi!!!! Papa shi mau di maharin aja! Alx gak tau ngurusx!!!!

December 9, 2016 at 4:22 PM

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

March 14, 2017 at 6:46 AM

Mohon informasinya jika mau membuat keris yang dibuat berdasarkan hari, tanggal dan weton pemiliknya dmn ya?
Mohon pencerahan untuk para suhu...

February 13, 2018 at 3:07 PM

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/rencanakan-kencan-di-hari-valentine-cek.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/teh-sore-santai-nan-mewah-ala-bvlgari.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/jangan-buang-kulit-buah-naga-bisa-untuk.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

February 15, 2018 at 11:32 AM

Metrolina Credit Company
Halo

Apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk meningkatkan bisnis Anda lagi karena tugas kami untkarena uk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda harus khawatir tidak lagi. Metrolina Credit Company hadir untuk mempermudah pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kebutuhan keuangan lainnya

Ew dapat membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akan pinjaman dari perusahaan ini yang harus Anda lakukan adalah memberikan kredensial sejati Anda dan Anda dapat mengajukan permohonan kepada kami melalui hal-hal berikut.

Gmail: metrolinacreditcompany@gmail.com

Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hybrid.
Kepemilikan tunggal.
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.

Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang apapun yang Anda inginkan

Terapkan sekarang
Perusahaan Kredit Metrolina
metrolinacreditcompany@gmail.com

Terima kasih

April 24, 2018 at 3:27 AM

info menarik

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger