Sulitnya Menentukan Tangguh Keris

Saturday, January 5, 201310comments

Keris berdapur Naga Kikik Berpamor Melati Tumpuk ini menurut analisa seorang teman besinya besi Mataram, namun kalau menurut pakem pada tangguh Mataram tidak ada dhapur Naga Kikik, yang ada adalah Naga Siluman. Sementara kalau disebut Naga Siluman terlalu sederhana. Sehingga beliau menyimpulkan bahwa Naga Kikik Berpamor Melati Tumpuk bertangguh Guling Mataram.

Yang jelas pengertian tangguh keris adalah perkiraan. Tangguh arti harfiahnya adalah perkiraan atau taksiran. Dalam dunia perkerisan maksudnya adalah perkiraan zaman pembuatan bilah keris, perkiraan tempat pembuatan, atau gaya pembuatannya. Karena hanya merupakan perkiraan, me-nangguh keris bisa saja salah atau keliru. 

Kalau sebilah keris disebut tangguh Blambangan, padahal sebenarnya tangguh Majapahit, orang akan memaklumi kekeliruan tersebut, karena bentuk keris dari kedua tangguh itu memang mirip. Tetapi jika sebuah keris buatan baru di-tangguh keris  Jenggala, maka jelas ia bukan seorang ahli tangguh yang baik.
 
Walaupun sebuah perkiraan, tidak sembarang orang bisa menentukan tangguh keris. Untuk itu ia perlu belajar dari seorang ahli tangguh, dan mengamati secara cermat ribuan bilah keris. Ia juga harus memiliki photographic memory yang kuat.

Apakah termasuk Keris Putran tangguh Mataram ?
Ini belum termasuk adanya kemungkinan sebuah keris merupakakan keris Keris Putran. Keris bergaya keris jaman dahulu karyanya disebut ”Keris Putran”. Kata ’putran’ dari bahasa Jawa : ’putra’ atau anak, ’diputrani’ artinya dibuat anaknya atau dibuat duplikatnya.

Kalau pada era sekarang sudah jamak membuat Keris Putran, artinya bahannya era Kamardikan, dapur, pamor, sampai ricikan keris menduplikasi keris sepuh tangguh mataram atau tangguh majapahit.

Persoalannya apakah di era Mataram tidak ada yang membuat Keris Putran dengan bahan pada jamannya (era Mataram) dan membuat dapur, pamor, dan ricikan tangguh Majapahit?. Misalnya kita temukan Keris dapur Omyang Jimbe tangguh Mataram, bukankah dhapur keris ini adanya di era majapahit ?

Nah jika itu terjadi, dan Keris Putran yang dibuat di era Mataram berdhapur  ere- era Majapahit masih ada, tentu orang pada era Kamardikan harus berhati-hati untuk menentukan tangguh keris. Haruskah berpegang pada dapur keris dan ricikan keris?, atau berpegang pada bahan (besi, baja dan pamor) yang dibuat?

Nah kalau harus berpegang pada bahan, saat ini juga beredar keris bahan tua yang berasal dari keris tua/sepuh yang sudah tidak dapat dinikmati bentuk keindahannya dilebur kembali dan ditempa menjadi keris baru, yang mungkin saja berdhapur khas tangguh Mataram, Majapahit atau tangguh sepuh lainnya.

Belum lagi adanya keris bahan tua yang berasal dari keris tua/sepuh (biasanya disebut keris T) yang direhap menjadi keris berdapur sesuai pakem tangguh Mataram, Majapahit atau tangguh sepuh lainnya. Apakah keris seperti ini bisa diebut keris tangguh sepuh/tua atau Keris Kamardikan atau mungkin Keris Putran?

Apakah di era Mataram atau era sebelumnya tidak ada yang melakukan seperti yang dilakukan orang jaman sekarang seperti yang yang saya sampaikan diatas? :)

Melihat kondisi semacam ini, menjadi jamak lumrah persepsi orang tentang tangguh keris kadang berbeda beda :)

Dan yang jelas tetap saja keris yang orisinil akan menjadi keris yang dicari! dan bernilai tinggi baik dari aspek kesejarahan maupun aspek ekonomi karena kelangkaannya, orang bisa saja membuat keris dari bahan lama baik dengan cara di daur ulang maupun di rehap total, tetap saja empunya beda :)

Sehingga untuk 2 jenis pengerjaan keris terakhir lebih tepat disebut sebagai KERIS KAMARDIKAN, karena dibuat baik dengan cara dilebur maupun direhap pada era sekarang, era setelah Indonesia Merdeka, yang kita kenal dengan Tangguh Kamardikan.
Referensi : 
  1. http://www.geocities.ws/javakeris/istilah.htm
  2. http://keriskamardikan.com/id/tentang-kami
Share this article :

+ comments + 10 comments

September 10, 2016 at 12:05 PM

Gemblung

September 15, 2016 at 6:31 PM

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

August 20, 2020 at 9:58 AM

http://94.46.58.31 merupakan agen judi online menjanjikan permainan paling fairplay dan partner Terpercaya PKV games. Info : http://www.inva-life.ru/go?http://94.46.58.31

August 20, 2020 at 5:46 PM

PartaiQQ adalah Situs Poker Online Indonesia Terbaik
Promo situs PartaiQQ : Bonus Cashback 0.3% Setiap Senin -Bonus Referal 20% Seumur Hidup Minimal Deposit dan Withdraw Rp. 15.000,-

Info : http://www.inva-life.ru/go?http://partaiqq.link

October 5, 2020 at 6:06 AM

bagi anda yang bermain dalam link http://185.51.35.48 dipastikan anda harus bermain dalam bandarq dimana anda bisa mendapatkan kemenangan dengan mudah ketika bermain.

October 31, 2020 at 7:21 AM

ketika anda bermain dalam link http://188.114.230.41 dipastikan anda harus bermain dalam bandarqq dimana anda bisa mendapatkan kemenangan dengan mudah ketika bermain.

December 23, 2020 at 8:20 AM

ketika anda bermain dalam link https://partaiqq.mobi disini kami sarankan kepada anda semua agar mencoba bermain dalam bandarqq dimana dalam permainan ini anda bisa mendapatkan kemenangan dengan mudah.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger