Rahasia Keris Berdiri

Monday, February 4, 201313comments

Ketik "Keris Berdiri" pada google search, klik images, enter.... maka akan tampil sederetan keris berdiri dengan berbagai macam pose, layaknya seorang peragawan/peragawati tampil di depan kamera, dan ketika ada klik salah satunya maka akan banyak informasi yang anda dapatkan tentang apa, dimana, siapa, bagaimana bahkan mungkin harga, mahar dan lain sebagainya.

Cerita tentang akal-akalan membuat keris berdiri dengan memberikan tiga kawat baja diunjung keris, maupun di ganggang/pegangan memyerupai kaki meja pernah saya dengar, sehingga ketika saya tanyakan tentang ada nggak keris berdiri dan mendapatkan jawaban "ada, yang kasar Rp. 500.000, dan yang halus Rp. 700.000", yang saya pikirkan adalah keris baru yang memang direkayasa untuk itu..... tidak sempat melihat keris dimaksud, hanya sekedar tanya.... tetapi kalau melihat karakter teman saya yang satu ini kalau saya bilang iya, tentu akan dicarikan :)

Beberapa waktu kemudian seorang teman bercerita kalau pada prinsipnya setiap keris dapat di buat berdiri (didekne). Saya kira pernyataan ini terlalu di dramatisisir, karena tidak setiap keris bisa di berdirikan atau dibuat berdiri, karena pada kenyataanya memang demikian.

Tulisan dibawah ini semoga dapat menjawab penasaran pembaca tentang keris berdiri.

Pada prisipnya keris berdiri dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok :
Keris Melati Sinebar tangguh Majapahit
  1. Keris itu memang bisa berdiri, dimedan apapun dan tidak ada pengaruh orang yang mendirikan, bisa berdiri siapapun yang membuatnya berdiri dan bahkan ada keanehan lain ;
  2. Tergantung siapa yang membuatnya berdiri, dan bisa berdiri di medan apapun, biasanya kalau orang yang mendirikan kita pengaruhi (konsentrasinya) keris akan roboh;
  3. Keris berdiri karena keseimbangan, bisa dibuat berdiri oleh siapapun asal hati-hati mendirikannya dan medannya harus kasar
Untuk yang pertama dan yang kedua, tidak akan saya bahas disini karena saya bukan ahlinya :)

Untuk keris berdiri karena keseimbangan, dapat anda coba pada keris-keris sepuh, yang pernah saya coba keris tangguh Mataram, Majapahit, Tuban dan tangguh Kediri. Ini benar benar keseimbangan dan dapat dilakukan oleh siapapun, terbukti ketika saya dolan ke rumah teman yang menunjukkan keris gonjo wilut dandang lak yang jadi koleksinya, saya taruh di plester rumahnya yang saya lihat agak kasar dan saya tempelkan warangkanya, keris pun berdiri. Sambil terheran-heran teman memandang keris, sambil sekali sekali melirik saya (pikirnya punya kemampuan khusus kali :) ).

"Bukan, ini bukan mistis, tapi semata mata karena keseimbangan",  saya coba menjelaskan, begitulah keris sepuh detail design nya  dibuat sedemikian rupa, sehingga ujungnya ditaruh dilantai dan hanya menempel pada warangka yang tingginya hanya 2 cm mampu untuk berdiri. Meskipun tidak semua keris sepuh bisa berdiri juga.

Keris Jalak Ruwuh Tangguh Majapahit
Setelah tahu hal tersebut, teman tadi beberapa hari kemudian menunjukkan beberapa foto keris orang tuanya di buat berdiri.... hanya dengan melihat, bisa melakukan. Bukan sulap bukan sihir :)

Untuk itu saya tampilkan  3 (tiga) gambar, gambar pertama dapat berdiri karena diatas meja yang ada taplaknya dan yang kedua dan ketiga diatas lantai keramik, tapi coba perhatikan dengan seksama keris berdiri bukan diatas keramik, tapi tepat di sambungan keramik :)

Bagaimana dengan keris berdiri diatas kaca, lain kali semoga dapat memberikan "trik" nya, masih belajar dulu :)

Bagaimana dengan keris baru, keris kamardikan dan keris-keris hasil rehapan atau keris semi daur ulang?
Saya kira pada prinsipnya sama, jika detail design keris seimbang tentu bisa berdiri, pembicaraan ini diluar keris yang pertama dan kedua.
Share this article :

+ comments + 13 comments

July 15, 2013 at 6:14 AM

thanks info ny pak bambang irawan..kalo bisa sekalian di ulas yang keris berdiri pertama dan kedua..penasarin soal ny ^_^

July 15, 2013 at 11:59 AM

@ cybertreff, Terima Kasih telah mampir....

April 23, 2014 at 6:59 AM

bagai mana dgn keris bediri di atas keramik dan tanpa sandaran

July 22, 2014 at 7:45 AM

Postingannya mantap mas. oya mas minta bantuaanya boleh??? mas pake template maskolis yang jhoni sompret banget ya??? mau tanya mas, gimana caranya ngilangin artikel yang di posting supaya tidak muncul di postingan yang jalan2 diatas ya. tolong di bantu ya. Suwun Mas.

Anonymous
November 30, 2014 at 6:04 AM

kalo diatas piring / meja kaca tanpa warangka nah itu baru keris berdiri asli

March 17, 2015 at 10:25 PM

Bagus sekali, bilamana ada yg sedang mencari pusaka atau mustika berkhodam dan bertuah dasyat, silahkan klik www.mustikapengasih.blogspot.com atau invite pin bb 2B2779DF ,garansi selamanya, semoga semua mahluk berbahagia ,terimakasih

March 8, 2016 at 11:35 PM

Siang gan, saya tdk terlalu tertarik dg hal2 semacam benda keramat...tp krn teman saya yg ingin ditipu org jdi saya tertarik untuk bertanya soal keris. Apakah benar keris yg berdiri itu adalah keris yg jahat, krn teman saya disuruh memberikan keris yg bisa berdiri krn dia yg paling jahat.termksh sebelumnya :)

August 19, 2016 at 9:31 PM

edun abah .. TOP LAH (Y)

September 15, 2016 at 6:00 PM

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

October 25, 2017 at 10:57 PM

Mantab mbah.

unikjawa.blogspot.com

March 8, 2018 at 7:07 PM

Ki semprul omong kosong jiaahahahahaha

November 30, 2018 at 11:50 PM

Semua kéris bisa berdiri. Gak ada unsur magic. Asal konsentrasi.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger