Pengertian Kinatah Pada Keris

Thursday, August 22, 20131comments

Bagi mereka yang telah lama belajar tentang keris istilah kinatah dan pengertiannya sudah tidak asing lagi, namun bagi mereka yang baru belajar tentang keris tentu ingin mengetahui Apa Pengetian Kinatah Pada Keris?

Gambaran atau lukisan pada logam yang disebabkan oleh kinatah atau ditatah/diukir logamnya dan menghasilkan gambar atau lukisan yang menonjol, bisa berupa tulisan, rajah, lukisan, motif bunga, daun, binatang dan lainnya. Diatas tonjolan itu biasanya dilapisi perak atau emas atau logam lain.

Kinatah pada keris biasanya berupa ukiran Gajah Singa dibagian ganja keris yang menghadap ke ukiran/deder. Kinatah lain bisa juga untuk menghias seperti keris dapur Naga Sastra, Naga Keras, Singo Barong serta hiasan berupa lung-lungan, pari sawuli, kembang setaman dll.

Kinatah yang menggunakan dua logam (missal emas dan perak) biasa disebut “Silih Asih”, umpamanya Kembang Setaman pada bagian daun dilapis emas dan bunganya dilapis perak. Kinatah yang menghiasi hampir seluruh permukaan bilah keris disebut “Kamarogan”.

Pada gambar yang saya tampilkan adalah Keris Kebo Lajer Kinatah Prodo, Apa itu Prodo akan saya buatkan tulisan tersendiri
Share this article :

+ comments + 1 comments

June 27, 2014 at 1:17 AM

cek juga koleksi keris sepuh kami di www.kerajaanpusaka.com

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger