Keris Tangguh Tuban

Thursday, January 3, 20130 comments

Keris Tangguh Tuban
Keris Tuban mungkin satu-satunya keris tangguh tua/sepuh yang masih mudah/banyak di jumpai/didapatkan sekarang. Tidak seperti tangguh sepuh lain misal majapahit, pajajaran, kediri, singosari, sedayu dll. yang sangat sulit untuk di jumpai apalagi didapatkan, kecuali hanya di saksikan di beberapa literatur tertentu.


Keris Tuban memiliki masa perkiraan pembuatan sama dengan masa-masa majapahit akhir, dan memiliki ciri-ciri ciri yang khas yang membedakannya dari keris-keris tangguh lain.
Ciri-ciri keris tangguh tuban antara lain :
  1. Pada umumnya keris tuban dibuat dengan dapur lurus atau tanpa luk/lekukan dan kebanyakan dapur "Tilam Upih" dan kadang-kadang "Kebo Lajer",belum pernah penulis jumpai keris dengan tangguh Tuban yang dibuat dengan dapur lain, kecuali pada pakem Tombak yang malah kebanyakan tangguh Tuban banyak dijumpai dengan dapur berluk 7, 9 dan 11.
  2. Keistimewaan Keris tuban yang tidak terdapat pada keris tangguh lain adalah bentuk bilahnya yang tipis/pipih dan tempaan yang matang, sehingga Keris Tuban pada umumnya memiliki bobot yang ringan dan jika di tinting/di sentil suaranya lebih berdenting yang menandakan matngnya tempaan. Selain tipis Keris Tuban pada umumnya juga memiliki bilah yang lebih lebar dibandingkan dengan tangguh lain.
  3. Pamor dari keris Tuban memiliki istilah "Ndeling",  yaitu warna besi terdiri dari 3 warna hitam,putih keruh dan putih mengkilat. Tidak seperti pamor keris pada umumnya yang hanya terdiri dari warna hitam dan putih keruh, sehingga secara visual pamor Keris Tuban tampak lebih bagus dibanding keris lain.
  4. Pamor keris Tuban yang paling indah yaitu pamor "Melati" baik Tumpuk ataupun Rinonce, jika pamor tidak sempurna maka akan jadi pamor "Banyu mambeng" atau "Wos Wutah" yang tidak kalah indahnya walaupun tidak sekelas dengan pamor Melati.
Bagi pemula atau yang baru mempelajari keris, sebaiknya lebih berhati-hati jika menemui keris-keris yang dikatakan oleh pemiliknya atau "penjualnya" berasal dari tuban,jika ciri-cirinya bertentangan dengan ciri-ciri yang telah saya uraikan diatas.


Sumber : http://misterikeris.blogspot.com/2010/09/mengenal-keris.html
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger